Parts

ಸ್ವಾಗತ

ಸ್ವಾಗತ. It was not always easy to hush up a problem. When I was in a bind & when I suddenly got such a hard feeling,nobody knew and cared. I understood that even my closest friend can't make head or tail of my whole life stories. in view of this objections, I made this blog. I told my troubles here with an open heart. I made a point of typing some pieces of my stories. Off and on I'll share here. Welcome to my blog. I snapped up critics :)

SK 2011

SK=Sekolah Kaderisasi
ditujukan untuk menjaring anak-anak yang mau masuk kepanitaan KMTK (Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia)

TMnya diadain tanggal 7 Oktober 2011
di TM, dikasih tau:
pembagian kelompok. aku masuk kelompok 1, satu kelompok sama Iqbal Tawakal, Utari, Aul, Rahma, Epril, Arief, Bayu, Hafiz. kami menamakan kelompok kami 'merantau'. nggak ada singkatannya, tapi punya arti tersendiri. ini karena kami nggak ada satupun yang asli Jogjaaa. ketuanya Aul, dan aku sekretaris sekaligus jarkom :D

ada 4 tahap di sekolah kaderisasi:

I. Mentoring
3x ketemu mentor pertama (Kak Litya) ----akhirnya ketemu 2x tapi dua mentoring pertama digabung jadi satu
2x ketemu mentor kedua (Kak Rama) ----akhirnya ketemu 1x tapi digabung dua mentoring jadi satuu

II. Mini Event (10-19/10/11)
Tiap peserta wajib ikut 5 dari 10 (akhirnya Al Mustaqim ngga ada mini event keliatane, jadi 9) mini event dan minta tanda tangan ke panitia di kartu SK yang udah dibagiin
Bidang I: Fun with Education Department
Bidang II: Penutupan Porpeteka
Bidang III: TM SK (ya hari itu juga, yang dateng langsung minta tanda tangan)
Bidang IV: Green Baksos (terlanjur nggak daftar T-T nggak tau kalo ada minta tanda tangan ginian)
Bidang V: Pengenalan IO, ECC, dan BKKMTKI
DKW: Pelatihan Wirausaha
Mapateka: Hiking
Entropi: Epsilon
KSTM: Presentasi Teknologi Menarik dari S2
Al Mustaqim:-

aku ikut mini event Bidang III, KSTM, Bidang V, Bidang II, Bidang I
padahal aku minat Bidang IV tapi ngga ikut mini event Bidang IV --a

III. Wawancara (19-20/10/11)
ada 2 hari, aku pilih yang tanggal 19. waktu itu, diwawancara pengen masuk bidangnya bidang IV sama BSOnya KSTM. tapi ragu-ragu waktu mau masuk BSO gara-gara takut ngga bisa bagi waktu

wawancara bidang
kakak I: "kenapa kamu mau masuk KMTK?"
aku: "karena saya ingin menyumbangkan pelayanan pada mahasiswa..."
kakak I: "kenapa kamu mau masuk ke bidang 4?"
aku: "karena saya ingin menyumbangkan pelayanan pada mahasiswa..."
kakak I: "lho la yang tadi alasan mau masuk KMTK?"
aku: "oh iya! karena saya mau ikut berorganisasi kayak di SMA"
-___-
-------------------------------------------------------------------------------
kakak I: "kamu mau jadi babunya mahasiswa?"
aku: "bukan kak, saya maunya melayani..." (apa bedanya pikir nanti lahh ==")
-------------------------------------------------------------------------------
kakak I: "kalo nggak di bidang 4, kamu mau dibidang berapa?"
aku: "bidang 2 atau 5 kak...tapi kalo bisa ya bidang 4"
kakak I: (baca esai kepribadianku) "oh kamu orangnya sistematis ya.. kalo gitu cocoknya bidang 4"
aku: *manggut-manggut*

wawancara BSO
kakak II: "sambil nunggu saya nulis, kamu ceritain tentang diri kamu"
aku: "aku vero, lahir di solo, aku orangnya cerewet, galak, judes, suka berorganisasi..."
kakak II: "kenapa kamu pingin masuk KSTM?"
aku: "karena pingin ikut di bidang penelitian"
kakak II: "kalo disuruh milih masalah kuliah sama organisasi pilih mana?"
aku: "tergantung kak. kalo kuliahnya cuma kuliah doang ya organisasi nggakpapa, tapi kalo kuliahnya lagi mau quiz ato gimana gitu ya pilih kuliah. tapi aku nggak njadiin belajar itu prioritas kok kak" (mungkin ini jawaban yang udah buat aku gagal masuk kstm ==")

21 Oktober 2011 : Pengumuman
akhirnya ini yang ditunggu-tungguuuu. pagi-siang lelah menanti, akhirnya pengumuman ditempel sore.
yeeeee, aku ketrima bidang empaaaat (fyi: bidang 2 sama bidang 4 banyak peminat sampe dilempar sana sini)
dan untung nggak ketrima BSO :DDD tapi eman-eman juga si jadi ngga bisa tamasya :(

IV. Pelantikan (22-23/10/11)
lokasinya di Kali Kuning, Cangkringan
disuruh bawa makan siang, air minum 1,5L, sendok, obat pribadi, jas hujan (akhirnya cuma dipake buat alas waktu nonton api unggun), slayer (cuma dipake masuk ke lokasi cangkringan buat penanda kalo kita satu rombongan -__-), baju ganti, sandal, sepatu, peralatan mandi, makanan ringan, peralatan ibadah, kantong sampah (tiap kelompok disuruh bawa 2 tapi kelompokku bawa 10 =="), jaket, celana training.

tugas kelompok:
  • bikin proposal proker inovasi acara besar KM
  • buat organisasi ideal (visi, misi, fungsi, tujuan, life mapping organisasi dalam 1 bulan, 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun)
  • buat jargon&yel-yel
  • buat nama kelompok
  • pake baju sama untuk tiap kelompok saat pelantikan
tugas seluruh peserta kaderisasi:
  • membuat acara yang akan diikuti oleh panitia durasi 1 jam (kelompok ganjil & genap)

yel kelompok:
kalau kau datang dari utara langsung saja bergabung dengan kita (slow motion ini, pake gaya pahlawan bertopeng)
kalau kau datang dari selatan langsung saja menuju ke Cangkringan
mari sini berkumpul kawan OOOO (geleng-geleng sambil tangan model zombie ato apalah itu)
ikut SK sambil ketawa HAHAHAHA
goyang kanan goyang kiri
angkat skali lagi tanganmu kawan
putar kanan putar kiri (tangan ke kanan sama ke kiri kayak senam)
berikan salam perdamaian (nunjukin salam angkatan)

jargon: merantau..AUOO~ (asli paling pendek ini jargon --")

presentasi organisasi: Coin For All (dipresentasiin pas hari Senin, 17/10/11 ke Kak Rama)

presentasi proposal: CERPEN Festival (Cokelas Es kRim PErmeN Festival)

h-1 proposal CERPEN Festival ge jadi dan hunting tanda tangan mas-masnya,baru bikin proposal sponsor juga di kontrakannya Iqbal sampe jam 7 malem


proposal sponsor yang akhirnya dikritik "ketikannya kekecilan" -___-


22 Oktober 2011

pagi-pagi jam 6 bingung ngributi makanan ringan O___O
aku tanya satpam perumahanku, dia bilang "kayaknya ada tu mbak di pandega marta, dari sini lurus terus kesana. mau dianterin apa gimana?" | "nggak pak, makaseh"
akhirnya jalan ke pandega marta tapi habis sms Ririn katanya mau dianterin ke indomaret jadi aku balik arah. eh ketemu satpamnya tadi naik motor sambil bilang "lho nggak jadi mbak?"|"nggak, mau dianter temen"
sambil nunggu Ririn, jalan cari makan di burjo, eh ketemu warung yang dah buka. ngga jadi ngrepoti Ririn :)

disuruh kumpul di KPFT jam 08.30 tapi aku uda dateng dari jam 07.30
waktu lagi nganterin Ivannie ke WC di deket KPFT, barulah ada kejadian yang mengharukan. AKU EMMM!!!! ga bawa softex sisannnn. dan ternyata Iv bawa, minta buat saat itu dan seterusnya~~~ benar-benar sial. padahal tak kira masih minggu depan T-T

berangkat bareng Evan Caesario (Tedjo) terus sampe sana pegel-pegel semua badaaan.
naruh tas (di kamar tentunyaaaa. ada yang enak kenapa pilih yang ngga enak? :)), makan bersama, trus presentasi kelompok

nah, kelompok lain pada bikin presentasi pake powerpoint. kelompokku (karena mikirnya proposal nggak perlu powerpoint, pake word aja) nggak bikin dan PUJI TUHAN disana oglangan!!!! GYAHAHAHAHA~~~~
kelompok yang tadinya dikira bakal bernasib miris akhirnya terselamatkannnn dan dinobatkan jadi juara I. uyeeeee xD *salto*

trus kami nunjukin acara yang dibikin kelompok ganjil sama genap buat panitia (jadi panitia ganti posisi jadi peserta). kelompok ganjil bikin take him out, kelompok genap bikin blackout.

setelah itu, kami istirahat (lebih tepatnya foto-foto)





Ivannie & aku (background: Putut & Iqbal)

waktu udah malem, kami kumpul, jalan ke lapangan & duduk ngelilingi api unggun. sesi sharing sama kakak-kakak mantan pengurus KMTK. udah sambil ngantuk-ngantuk ini T-T
setelah sesi, kami dibolehin tidurrr
aku tidur di busa B))

23 Oktober 2011
dibangunin pagi-pagi buta =="
temen-temen yang lain pada kedinginan karena tidur di karpet, tikar, dll
bangun-bangun disuruh jurit malam. yang laki sendiri, yang perempuan berdua-dua.
aku pasangan sama Aisyah. aku udah ketir-ketir takut ketemu HANTUUU.
nyatanya, waktu aku jalan, keliatan Evan (Tedjo) di depan~ uuu~
jadi nggak takut...
terus kita-kita diyakinin mau bener-bener jadi pengurus KMTK ato nggak, baca sumpah pengurus KMTK, kertasnya dibakar, dimasukin aqua 1.5L terus diminum berrame-rame..setelah itu kita tanda tangan.
dilanjutin kumpul per bidang. kata favorit bidang 4: "dibantu!" *hening* -___-
dipandu Kak Kilak, kita dikasih tau kegiatan apa aja yang dilakuin bidang 4. kami berrencana kumpul hari rabu sama jumat.

setelah selesai, suruh balik lagi buat tidur. aku nggak bisa tidur gara-gara kaki Ivannie sama Putri "sengaja" ditekuk. alhasil aku nggak nglanjutin tidur T-T

pas hari dah terang, kami kumpul pake kaos kelompok (tiap kelompok warnanya beda-beda. kelompokku merah maroon :)), mau ikut games.
kelompok yang pertama berangkat tu kelompok yang bisa nyusun kata-kata yang diacak, dijadiin satu kalimat. kelompokku kelompok pertama yang bisa nyusun, trus langsung meluncur ke game pertamaaa

pos ke-1, ngrangkai tali sepatu sesuai yang dicontohin, tapi cuma boleh liat sekilas. susah :( tempatku yang isa cuma Iqbal tapi waktu keburu habis. kalah
pos ke-2, Iqbal ditutup matanya, kami suruh mandu buat mukul 3 tongkat dalam waktu 3 menit. menang~
pos ke-3, spider web. masuk-masuk ke tiap lobang dan nggak boleh diulang. menang, poin=5
pos ke-4, dikasih kata umum, kita satu-persatu nyebutin yang ada hubungannya sama kata itu terus orang terakhir yang nyambung-nyambungin kata & disusun jadi kalimat. kalah tapi karena kakaknya baik jadi dapet poin plus~
pos ke-5, mindahin kelereng pake sendok. uniknya bejan-bejanan pilihan. jadi pertama Iqbal disentuh pake jari panitia, suruh nebak yang mana. semakin salah semakin banyak kelereng yang harus dipindahin. kami dapet 2 kelereng. yang kedua, disentuh lagi sama jari panitia & Iqbal bisa nebak bener. semakin salah semakin sedikit waktunya. karena bener, jadi dapet waktu 5 menit. 5 menit buat 2 kelereng :p menang
pos ke-6, kesempatan pertama,nyusun puzzle koran, tapi kami kalah. kesempatan kedua, satu orang ditutup matanya (dan itu pasti Iqbal) trus yang lain ngarahin tangannya, harus nunjuk ke gambar HP yang panitianya minta, menanggg
pos ke-7, nyusun menara kartuuu. disini paling boros waktu, akhirnya nyerah juga kamiii. kalah
pos ke-8, mindahin sampah dan nggak boleh nyentuh rafia merah (bilangnya sinar inframerah -__-) dikasih 6 kesempatan tapi kami 1x langsung bisa. uyeee. menang
pos ke-9, jongkok berdiri. kalo dibilang "5" lima orang berdiri bilang "lima orang hadir" terus jongkok lagi, dst. kalah
pos ke-10, nyalurin kata pake bahasa ngga jelas, terus yang ujung sendiri nyari kata yang disebutin di kartu-kartu yang ditutup. harus pake trik ni, & kami menang
pos ke-11, nyalurin kelereng dari bambu satu ke bambu yang lain. menang
pos ke-12, sudoku minimal 20 bener, kami baru 16 udah habis waktuu. kalah
skor total dari undian=45.
pemenangnya kelompok KeJu BaSi, skor 55, Faris yang sering dapet poin sepuluhhh.hobi tidurnya bawa keberuntungan kali ya -,-

habis games, kami packing, trus pulanggg
gosong eike mah. nggak pake jaket.
sampe di kost, ada ajakan dolan dari Ria, langsung cabuuut. aseek.

kesan SK: nyenengin kok. sayangnya tempat SKnya bau kebooo (ya iyalah, kalo wangi namanya tamasya). terus agak ngga adil juga ya ada yang tidur di busa, ada yang di karpet, ada yang di tikar. jurit malamnya kok nda serem (halah, nek serem opo yo kw wani ver?)

cukup sampai disini reportase saya, tidak langsung dari cangkringan. daaah~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar