23 September 2011
Alkisah, setelah packing dan tas dikumpulin di KPFT, aku sadar aku nggak bawa sisir dan panik dan keliling-keliling UGM cari tempat yang jual sisir dan ketemu 2500 dapet 2 sisir, 4500 dapet 1 kaos kaki~
ada 3 kloter waktu mau berangkat. kloter pertama jam 12, kloter kedua jam 4 sore, dan kloter 3 nggak tau kapan :| aku kloter kedua yang mana akhirnya berangkat jam 5 sore dengan bus non AC. perjalanan memakan waktu 3,5 jam. (secara Jogja-Solo-Tawangmangu gituu)
makan malem disediakan di bus dan sampai di El Bethel langsung KKR karena kita datengnya terlambat. pembicaranya Ibu Ria Pasaribu. bacaan diambil dari Efesus 2:1-10 (yang dapat dipisah menjadi 4 bagian yaitu: ayat 1-3, ayat 4, ayat 5-9, dan ayat 10). Efesus 2 membicarakan tentang kematian Kristus mempersatukan manusia dengan Allah. disini kami dimotivasi untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi (tujuannya sama kayak tujuan ngasih ilustrasi jembatan keselamatan itu) dan teman-teman yang belum menerima Yesus kiranya menjadi lahir baru saat itu.
setelah KKR, ada kumpul bareng konseler untuk sharing. aku dan Maureen didampingi Kak Angel. kami ditanya bagaimana ceritanya masuk tekkim, bagaimana relasi dengan keluarga kami, bagaimana pertumbuhan kami selama ini, yang mana aku bercerita bahwa aku sudah memiliki kakak PA: Mbak Mut dan saat ini aku belum kembali PA sejak ada di Jogja karena ospek, ospek, dan ospek.
Jam 11 malem, suda
h boleh masuk kamar. aku mendapat kamar di P15: II Petrus. satu kamar terdiri dari 5 orang. Aku, Maureen, Etsha, Kak Angel, dan Kak Priscelea. kami sharing kamar (bukan berbagi kamar, tapi berbagi apa saja yang didapat waktu KKR di dalam kamar) dan kemudian kami ngobrooooooool lama terus tidur jam 1 pagi:)
kamar perempuan yang super berantakan -___-24 September 2011
saat teduh bersama satu kamar. bahan saat teduh diambil dari Kejadian 6:9-22 "Taat Melakukan Kehendak Tuhan" yang menceritakan Nuh dan bahtera yang dibuatnya. Allah berfirman untuk tetap taat di tengah berbagai krisis dan kebobrokan dunia.
pertanyaan penerapan:
1. bagaimanakah seharusnya anak-anak Tuhan bersikap menghadapi kondisi dunia saat ini?
2. bagaimana cara saudara mengerjakan keselamatan yang Tuhan janjikan bagi saudara? hal-hal praktis apa saja yang dapat saudara lakukan (dalam studi, pertumbuhan rohani, pelayanan, ataupun komitmen pribadi lainnya)
3. hal-hal apa saja yang masih menghambat saudara untuk tetap taat dan setia melakukan kehendak Tuhan? bagaimana cara saudara mengatasinya?
setelah mengambil penerapan, kami mandi lalu sarapan. airnya dingiiiin, tapi ngga sedingin hatimuuu *krik*
lanjut ke 3 sesi. dibagi jadi 2 ruang, sesi mahasiswa baru & sesi mahasiswa lama. yang aku dapet, sesi mahasiswa baru, dengan pembicaranya Bu Flafiana.
sesi 1: Kesatuan Jemaat di dalam Kristus
bacaan : Efesus 4:1-16
membahas panggilan gereja untuk memuliakan Kristus, tujuan kedewasaan tercapai, dibukakan mengenai kesatuan jemaat di dalam Kristus.
bagaimana memulainya: selalu rendah hati, lemah lembut (susah), sabar (susah juga), saling membantu; membahas hadirnya hamba-hamba Tuhan (Ef 4:1-membina), talenta (Ef 4:7-saling melengkapi), dan pelayanan (Ef 4:12-mempersatukan)
diharapkan hasil: internal (gereja bertumbuh) dan eksternal (Kristus dipermuliakan)
sesi 2: Hidup Kudus
bacaan : Efesus 4:17-32, 5:1-21
- indikasi orang-orang tidak mengenal Allah:
pikirannya sia-sia (ayat 17b), pengertiannya gelap (ayat 18), jauh dari hidup persekutuan dengan Allah (ayat 18), perasaan mereka telah tumpul sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran (ayat 19)
- mengapa?
kebodohan yang ada dalam mereka (ayat 18) & kedegilan hati mereka (ayat 18)
- bagaimana dengan umat Allah?
kamu bukan demikian (ayat 20), karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus (ayat 21)
- ciri-ciri manusia baru: penurut-penurut Allah (5:1), hidup dalam kasih Kristus (5:2), hidup dalam kesucian Kristus (4:25-31;5:3-7), hidup sebagai anak-anak terang yang hanya berbuahkan kebaikan, keadilan, dan kebenaran
-nasehat (5:15-21):
1. memperhatikan dengan seksama bagaimana kamu hidup
2. tebuslah kesempatan yang ada
3. mengerti kehendak Tuhan
4. dikendalikan oleh Roh Tuhan
5. hidup yang membangun sesama
6. senantiasa mengucap syukur
7. rendah hati
sesi 3, Perlengkapan Rohani
bacaan : Efesus 6:10-20
-perintah Tuhan di penghujung surat Efesus:
1. hendaklah kamu dikuatkan di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasaNya (10)
2. kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis (11)
-mengapa perintah diberikan?
karena perjuangan kita bukan melawan darah dan daging, melainkan melawan pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap, dan roh-roh jahat di udara. yang dimaksud pemerintah disini bukan berarti pemerintah negara, melainkan pemerintah kuasa gelap.
-perlengkapan senjata Allah:
1. berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran
2. berbajuzirahkan keadilan (14)
3. kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera (15)
4. dalam segala keadaan, pergunakanlah perisai iman (16)
5. terimalah ketopong keselamatan (17)
6. dan pedang roh (yaitu Firman Allah)
-bagaimana menggunakan seluruh perlengkapan rohani?
dalam segala doa dan permohonan
-berdoalah
untuk segala orang kudus dan untuk rasul Paulus (19)
setelah sesi, kami mandi & istirahat (yang mana: waktu istirahat=waktu gojek bareng temen-temen sekamar), kemudian makan malam. yang menyenangkan dari retreat memang isinya sesi-makan-sesi-makan-sesi-makan. lanjut sesi Alone With God. kami diminta untuk mengambil waktu untuk bersaat teduh.
sesi AWG membicarakan kita sebagai biji mataNya dan komitmen kita sehubungan dengan betapa berartinya Bapa di hadapan kita, baik dalam kehidupan doa, keintiman dengan firTu, kesaksian hidup, dan kehidupan persekutuan dengan saudara seiman.
habis AWG, ada sesi temu alumni. disini angkatan 2011 digabung sama 2010, dan 2009++ di ruangan yang beda. jujur waktu sesi ini aku ngantuk pollll, jadi skip aja ya. lanjut ke sesi foto, sharing kamar, & tidur jam 11 malam.
sepanjang hari kepikiran terus sama acara Polimer hari ini. pasti seru,asik,mengena bangettt :(
25 September 2011
hari terakhir retreat :))
pastinya mengawali hari dengan saat teduh yang diambil dari Efesus 5:1-21 "Terang yang Menjadi Terang". kata-kata pembuka yang di note bagus ni:
Tahukah teman-teman bahwa Yakub seorang yang tidak kokoh, Musa pernah bersungut-sungut sampai memukulkan tongkat ke tanah dengan keras sambil menggerutu, Samson pernah tergoda, Petrus pernah menyangkal Yesus, Zakeus seorang pemungut cukai yang tidak disukai orang, Martha yang sering khawatir, Elia pernah ingin bunuh diri. mereka adalah orang-orang yang tidak luput dari kesalahan, tapi Allah tetap memakai mereka dalam pelayanannya. Alasan apakah yang bisa kita pakai untuk tidak melayani Tuhan?
anak gelap:
-percabulan, rupa-rupa kecemaran / keserakahan
-perkataan kotor, kosong, sembrono
-orang bebal
-bodoh
-mabuk oleh anggur
anak terang:
-menjadi orang-orang kudus, jangan disesatkan
-mengucap syukur atas segala sesuatu
-menguji apa yang berkenan kepada Tuhan
-jangan turut ambil bagian dalam kegelapan
-telanjangi perbuatan-perbuatan kotor
-orang arif, mempergunakan waktu yang ada
-mengerti kehendak Tuhan
-penuh dengan Roh
-berkata-kata pada orang lain dalam mazmur, kidung pujian, nyanyian rohani dengan segenap hati
-rendah diri seorang kepada yang lain
pertanyaan penerapan (teman-teman bisa jawab lho):
1. siapa kita? anak gelap atau anak terang?
2. renungkan ayat 13! maukah kita menjadi anak terang yang menerangi orang lain yang masih hidup dalam kegelapan?
3. apa yang akan saudara lakukan agar dapat menjadi terang bagi orang lain? buatlah sebuah komitmen pribadi.
selesai saat teduh, kami mandi & sarapan, kemudian Ibadah Minggu. Bacaan diambil dari 2 Tim 2:1-13 dan Mat 6:33. intinya sih, berbicara tentang kehidupan, semua orang ingin berhasil dalam hidupnya, dunia mahasiswa adalah singkat, dan dunia mahasiswa adalah bagian keberhasilan.
KUAT KARENA KASIH KARUNIA DALAM KRISTUS.
Kita sulit mempertahankan komitmen karena tidak punya tujuan, konsep pelayanan yang salah, maunya terus menerima, dan tidak mau mengembangkan diri.
dunia butuh orang yang berintegritas, orang yang bisa dipercaya.
setelah Ibadah Minggu, ada regenerasi kepengurusan PMKT.
jam setengah sepuluh, para peserta retreat diminta untuk ganti baju, celana, sandal buat outbond.
kelompok outbond udah ditentuin sebelumnya. aku di kelompok Filipus bareng Eka, Kak Vita, Yoyo, Randy, Willy, enam orang yang lain (lemah otak ni, nggak bisa nginget-nginget siapa anggota yang lain), dan diketuai Kak Butet (panggilannya Butet, nama aslinya lupaaaa)
asiiik banget outbondnya. pos pertama yang kita kunjungi itu suruh jawab pertanyaan-pertanyaan hitungan, seputar Alkitab, sama pengetahuan-pengetahuan tertentu (kayak unsur-unsur kimia dan antek-anteknya) cepet-cepetan sama kelompok satunya dan alhamdulilah yah Filipus menang. kalo menang dapetnya kalung dikasih bintang warna emas & ada poin sendiri dari panitianya
pos kedua, lomba mindahin bola pake karton di 3 tahap (dataran bawah, atas, bawah). Filipus selalu jatuh bolanya waktu di dataran bawah terakhir :( jadi kami cuma dapet 15 poin dan kalah. nah, kalo kalah dapet bintang warna perak. pos ini ngomongin tentang kekudusan. jadi, emang sebagai anak Allah kita itu butuh usaha keras untuk menjaga kekudusan kita
pos ketiga, nyebrangin sungai tanpa nyentuh tali dan bawa sendok yang ada bola pingpong di atasnya. setiap orang kudu nyalurin ke temen setelahnya dan kalo bola itu jatuh, kudu ngambil di sungai pake sendok di mulut. kalo pake tangan, suruh ngulang dari pos terakhir yang dicapai. kebetulan, lawan kami di diskualifikasi karena megang tali rafianya. jadi kami cuma melawan waktu dan dapet bintang emas :)
pos keempat, panjang-panjangan barisan. ini pos paling asik. yang pake sepatu dicopot semua talinya, tali cocard dibuka satu dan dipanjangin, semua yang bisa nambahin panjang dikumpulin, yang laki-laki suruh telanjang dada semua biar bajunya bisa dipake buat nambah panjang, ada lagi satu orang di kelompokku yang copot celana (jadi tinggal pake *maaf* kolor). asli maluuuuuuu bangetttttt itu temenku, kalopun aku jadi dia, aku udah nggak mau lagi kenal sama orang. nggak..nggak..nggak kuat! dia anak Teknik Sipil #no mention. udah menanggung malu, ternyata kelompok kami kalah panjang dari kelompok satunya, padahal kelompok kami duluan yang laki-lakinya buka baju.
pos kelima, mindahin air ke botol aqua satu setengah liter'an yang udah dipotong bagian atasnya. mindahinnya harus urut satu orang satu, dari gelas-sedotan-sendok-tangan. bergiliran dan bergantian pada mindahin dan langsung aja, kami kalah (lagi)
pos keenam, mletusin 5 balon. jadi ada 4 kelompok (masing-masing 3 orang. yang 2 saling berpadu tangan buat ngangkat 1 orang). aku kebagian giliran kedua, diangkat si Yoyo sama Willy. pertama kalinya ini mecahin balon, begitu balonnya pecah, bedaknya keluar. kelompok kami selisih diiikkkiiiit banget waktunya sama kelompok satunya. kami kalah (lagi) :|
pos ketujuh, menyusun ayat Alkitab. awalnya, kami diminta meletakkan 3 orang di tiap sisi persegi panjang buat main bakiak. kelompoknya sama kayak mletusin balon. kelompok kami sempet ada yang jatuh-jatuh tapi akhirnya lebih cepet lawan kami. setelah ngiterin satu putaran, kami menyusun ayat Alkitab. astaga panjang banget. Yakobus 1:5. coba baca. panjang bener itu. kami dikasih potongan-potongan katanya, yang mana pastinya kita gagal. kelompok satunya juga gagal. karena waktu main bakiak mereka sampai duluan, jadi mereka yang menang :|
jadi total kami punya 2 bintang emas dan 5 bintang perak dengan skor yang ada di kertas juri.
setelah outbond selama 3 jam, kami makan bersama satu regu dan mendengar berita kalau baru saja ada bom bunuh diri di salah satu gereja di Solo (GBIS Kepunton lebih tepatnya). astaga. #PrayForSolo

ampuni mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Tuhan memiliki rencana khusus buat kota Solo. Solo tidak akan menjadi kota mati. Solo adalah kota tercinta. anak-anakNya adalah anak-anak terang yang akan menerangi kegelapan. anak-anakNya bukan anak-anak yang terpikat pada balas dendam. anak-anakNya cinta damai. kota Solo semakin bertumbuh dan jiwa-jiwa akan semakin dimenangkan.
kami mandi, packing, ibadah penutup. aku pertama kali denger theme songnya RUT 2011 yang katanya bagus. ternyata emang bagus! yang nyiptain Kak Ade Ray (TG'09), judulnya Aku MilikMu, bisa di download disini . gini liriknya:
Darah-Mu t'lah bebaskanku dari dosa dan pelanggaranku
Bilur-Mu t'lah pulihkanku Bapa
Dengan mulutku aku mengaku
Yesus Engkau Tuhan dan Rajaku
Reff:
Salib terindah-Mu melayakkan aku
memanggil-Mu Bapa, aku kepunyaan-Mu
Kubrikan bagi-Mu yang ada padaku
hidup dan mati pun ku tetap milik-Mu selamanya
dilanjutin pengumuman pemenang (juara I: Ishak, juara II: Delilah, juara III: Gamaliel, juara yel-yel: Boas, juara favorit: Yakub) dan pulang (naik bus ber-AC kalo yang ini)
nggak nyangka ya, sampe di bus 4 uda langsung tidur. bangun-bangun udah nyampe Klaten =="
kemudian, karena aku takut pulang malem sendiri (aku kan penakuuut) jadi aku turun bareng kakak-kakak yang bersedia nganterin ke kost dari Griya PMKT.
jam tujuh-an malem, udah nyampe di kost dan langsung cerita disini :)
kesan retreat: asik. kakak-kakaknya baik pol, suka menolong, disiplin, dan terorganisir dengan baik. cocardnya kreatif, buku panduan sekaligus cocard gitu. tapi nggak tau kenapa tiap retreat sering mules --"
cocard sekaligus buku yang super keren
without God
our week would be
sin-day
mourn-day
tears-day
waste-day
thirst-day
fight-day
shatter-day
7 days without God makes one weak :)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar