habis ikut ospek Teknik UGM tapi namanya bukan ospek, melainkan PPSMB
6 September 2011
acara: Studium General
disini dikasih tau kelompoknya, siapa kakak pemandunya, apa yang harus dibawa, nama kelompoknya, dll. kebetulan tahun ini "kelompok" dinamakan "praja" yang artinya kerajaan. awalnya disuruh kumpul di barisan jurusan masing-masing, lalu dikasih waktu sekitar 5 menit buat cari nama kita (yang pria ada di dinding Utara dan Selatan, yang wanita di kursi-kursi arah Timur) aku dapet nomer 16 dan itu berarti kerajaan MangkunEgaran (yang nggak tau kenapa di daftar nomer HP tulisannya MangkunAgaran dan kemudian selalu make tu Mangkunagaran jadi nama Praja kita. aku satu kelompok sama Moko, Afriana, Aji, Ika, Depok, Aldy, Arky, Sabrina, Bram, Ayu, Dicko, Aldi, Dito, Evan, Dhila, Fahmi, Faris, Ikram, Lintang, Nia, Nasir, Adhy, Oki, Mukharrir, Pepy, Adin, Raja, Sergio, Teguh 1, Teguh 2, Timo, Alan, Yose, dan Basti dengan kakak pemandu Mba Tia (Geodesi '10) dan Kak Wildan (Tekkim '10).
Ketua kami si Fahmi dan aku jadi bendahara (lagi).
tugas kelompok:
-buat miniatur tugu teknik
-buat sejarah nama kelompok
-buat proposal lomba debat
-bawa plastic bag yang besar buat tempat sampah sehari 1
-buat peta teknik
-buat karya aplikatif
-buat drama
-bawa botol pepsi 3
-bawa 1 paket beras C4 2kg, mie instant 5, gula pasir 0,5kg masing-masing dikali 9
-bawa kado buat pemandu (2)
-bw buku mapel SD bekas 5 buah
-bikin mading 1x1 m
tugas individu:
-buat life mapping untuk 40 th ke depan
-buat atribut:
tas dr karung beras dijahit biar bisa diserut; name tag 35cm bentuk burung dari kardus dilapisi kertas emas, dikasih kertas warna kelompok, dikasih kardus lagi 3 buah, dikasih HVS ditulis nama kelompok, nama, update status. tiap hari kudu update status jadi buat 3 tumpuk dikasih foto 4x6 talinya harus rafia merah-merah-putih dikepang dimasukin 4 lobang, dikasi logo UGM sama logo kelompok, buat mahkota harus ada ketentuan dr karton dilapisi kertas emas dikasih lingkaran di segala sisi jumlah 12 pake kertas gilap biru; buat block note dr kertas A5 dilubangi dikasi cover karton dilapisi emas, dikasi kertas warna kelompok, foto 3x4, logo persada, nama kelompok
-buat puisi 1 hari 1
-buat diary 1 hari 1
-buat resume tiap ada materi yg disampaikan
-buat skema sejara UGM
-bawa bolpen biru
-buat buku kenalan dilapisi kertas warna kelompok masing-masing, isi data temen sbnyk 100orang (nama, jurusan, asal, TTL, HP, email, motto, makanan fav, TTD)
-bawa air mineral 1,5L dikasih merk pk kertas warna kelompok msg2, dikasi logo+nama
-bawa kardus produk nutrifood 200ml 1 hari 1
-bawa bekal 4000rupiah 1 hari 1
-bikin esai masalah bangsa 1,5 hlm folio
-bikin esai teknologi 1,5hlm folio
-bikin surat cinta buat panitia
-bikin surat buat pemandu (2)
-bikin profil stand yang sudah dikunjungi
-bawa kado max 5000
-bawa guide book
atribut yang dikenakan:
perempuan
h1: sabuk, rok item panjang, daleman celana panjang, rambut dikepang 5, kemeja putih lgn panjang, dasi, jas almamater, kaos kaki putih, sepatu item, name tag, mahkota
h2&h3: sabuk, rok item panjang, daleman celana panjang, rambut dikepang 5, kaos yang udah disediakan,kaos kaki putih, sepatu item, name tag, mahkota
laki-laki
hampir sama, tapi rambut maksimal 1cm, sampelnya si Evan Rinaldi Winarto
ngerti? banyak pollll
setelah dikasih tau apa aja yang harus dibawa, langsung cari tempat buat garap, yaitu di rumah si baju merah (katanya namanya Ikram, tapi karena susah dihapal jadi kalo ketemu panggilnya selalu 'si baju merah' ato kadang 'yang punya rumah'. rumahnya ada di daerah Monjali, waktu itu kesana naik sepeda.
Pulang jam 7 malem, aku nyasar waktu pulang. karena waktu berangkat nggak merhatiin jalan, yang aku inget cuma lewat jembatan tapi aku nggak tau dimana jembatannya. jadi aku luruuuuus terus nyepeda lewat tanjakan dan jalan gede banget. baru kemudian aku mikir "kok jembatan Monjalinya nggak keliatan-keliatan." malu bertanya sesat di jalan, jadi aku tanya ke bapak-bapak penjual jagung dan bapak-bapak yang kupanggil "Buk" gara-gara gondrong. habis diliat depannya ternyata berjenggot. lol.
aku kebablasan jauuuuuuh banget, hampir sama kayak jarak kostku ke rumah si baju merah. bisa sih nyampe di kost, tapi kepala pening kayak mau pingsan.
hari ini cuma makan satu kali sehari, untung nggak nyampe sakit. semangat buat besok!
7 September 2011 (H-1)
hari ini ada acara di masing-masing jurusan dan dikasih tau cara KRS-an. jam empat sore pada kumpul di rumah si baju merah lagi sampai jam 11 malem. ini malem dimana semuanya harus jadi (name tag, tas, mahkota, tugu, block note). aku bantuin bikin name tag 6 abjad terakhir. aku ngonthel lagi dan untungnya nggak nyasar lagi karena ada temen yang sama-sama di Pogung, meskipun bukan Pogung Pastika, seenggaknya ada temen lah.Susunan Acara
8 September 2011 (H1)
jam 6 pagi kudu udah baris. jadi ceritanya, dulu aku sempet minta tolong sodara dari Pekalongan yang kuliah di UKDW, si Didik, buat nganter jemput waktu ospek. tanggal 7 malem, akhirnya fix aku dijemput sama Didik buat ke kampus jam 5. karena aturannya nggak boleh bawa HP, jadi aku bilang, aku pulang sendiri aja.
tiap hari kan suruh bawa sarapan sendiri ni, aku bawa nasi bungkus yang kemarin aku beli sama temen-temen (walau rasa udah nggak karuan). habis makan, jalan-lari ke GSP (Graha Saba Permana) buat upacara penerimaan mahasiswa baru, harus megang rafia ni sisi kanan, sambil tiap beberapa menit ada yang teriak "TEKNIK!!" kita semua jawabnya "JAYA!!!". sukses sudah suduken perutku.
upacaranya lama pollll. mana panas, bawa jas almamater, diawasi di semua sisi.
habis upacara, balik ke KPFT kemudian kepemanduan (kumpul sama pemandu) dan cek tugas. dilanjutkan dengan ISHOMA (istirahat, sholat, makan). bagi yang beragama Kristen kumpul di KPFT ruang 2.1. kami pada kenalan dan dikasih tau soal KTB (Kelompok Tumbuh Bersama)
kumpul lagi di KPFT buat sesi ke-UGM-an dan dilanjutkan Training I (Knowing Yourself).
apakah sukses itu? suatu usaha yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan/indikator tertentu. bersifat subyektif dan obyektif.
tingkatan sukses: sukses survivatif (kita survive karena eksistensi kita relevan dengan lingkungan) dan sukses inovatif
belajar? belajar adalah aktivitas untuk meningkatkan pengertian/kesadaran (adanya perubahan yang meningkat)
ciri pembelajar sukses: punya impian dan cita-cita besar, mempunyai rencana tindakan, punya keberanian dan daya juang besar, rela berkorban
agenda rutin 1 angkatan: dimarahin komdis, push up 5x. setelah dimarah-marahin, ada kepemanduan dan dikasih tugas berat buat besoknya. pulangnya jalan kaki, sempet nyasar ni ke jalan gedenya Jakal, balik arah wes, padahal lumayan juga jaraknya dari tempat nyasar ke tempat semula sebelum nyasar.
nggak lupa dong, jam 6 sore ke rumahnya si baju merah (tapi kali ini dianterin Didik dan nggak tau kenapa aku lupa jalannya dan nunggu si Evan makan dulu buat nunjukin jalan. parah bener ni otak) buat garap tugas ospek selanjutnya. jam 9 malem, pulang & nggarap tugas individu
9 September 2011 (H2)
kaos persada, slayer, kaos kaki putih, daleman panjang warna gelap (dan aku pakai HIJAU!), sepatu hitam, sabuk, rok panjang hitam, kucir lima. selesai. langsung cabut ke KPFT dengan dianter Didik (lagi) dan sepakat nanti ketemuan di bengkel UGM jam 5 sore.
acara hari ini: sarapan (nah ini dia. semalem aku cari di Indomaret sama Didik, nggak ada roti (rotinya habis) dan akhirnya aku memutuskan untuk beli gery yang bolu apa gimana itu loh -____-) gilak bener, pagi-pagi cuma makan itu doang. hari ini ada materi kefakultasan, training manajemen diri, ke-jurusan-an, ibadah, success story, dan lomba debat.
di manajemen diri, dikasih tau tentang:
-pengembangan diri: penerimaan diri, rencana/pengembangan potensi diri, peningkatan kontrol diri, dan kesediaan untuk berani berubah
- rencana pengembangan pribadi: punya visi, misi, tujuan, dan strategi yang jelas
ke-jurusan-an diterangin tentang Tekkim berdiri tahun 1926 dan KMTK (Keluarga Mahasiswa Teknik Kimia) dengan 5 bidang eksekutif, yaitu:
- bidang pendidikan dan pengembangan wawasan
- bidang olahraga dan kesenian
- bidang organisasi dan pimpinan cabangan
- bidang kesejahteraan masyarakat dan pengabdian masyarakat
- bidang humas dan opini publik
ada juga departemen kewirausahaan. dijelasin pula tentang BSO di Tekkim, yaitu MAPATEKA (Mahasiswa Pecinta Alam Teknik Kimia),KSTM (Kelompok Studi Teknologi Mahasiswa), Enthropi (jurnalistik), Al Mustaqim, dan SKK (non muslim).
Sedangkan success story, mengundang Prof. Suryo Purwono yang mengatakan bahwa tugas mahasiswa Teknik Kimia adalah merancang pabrik-pabrik di Indonesia, Bambang Suhendro, dan seorang ibu yang saya lupa namanya.
agenda rutin 1 angkatan: dimarahin komdis, push up 10x, kepemanduan untuk dikasih tau tugas selanjutnya. udah gitu ini pertama kalinya pulang lewat pintu samping (yang deket arsitektur), nggak taunya ke Bengkel UGM pake muter-muter dulu kalo lewat sini. sampe di Bengkel UGM, Didik nggak ada :( akhirnya aku balik lagi jalan kaki. (padahal kalo nggak ke Bengkel, udah langsung tembusnya ke gang Pogung!)
sampai di kost, Didik aku kabarin kalo aku udah nyampe di kost. Didik dateng ke kost dan bilang dia tadi di pos satpam -w- jyehhh, pantes nggak ketemu (sekedar info, pos satpam ada di pintu depan). aku mandi terus ke rumah baju merah lagi buat garap tugas ospek selanjutnya. deg deg deg.
pulangnya jam 10 malem & dijemput Didik, dan seperti biasa, nggarap tugas individuuu
10 September 2011 (H3)
bangun jam 4 padahal belum ngerjain Puisi, Esai kurang 1 halaman, dan Profil BSO yang dikunjungi hari kemarin. bingung bingung bingung. panik panik panik. semua dijejerin, ditulis cepet banget, dengan ide seadanya.
Puisinya nih:
BURU-BURU
Aku lupaaku masih punya 3 tugas pagi itu
puisi, profil, esai
dan ini jam 4
Jadi ketika otakku buntu
dan tidak punya sesuatu
aku menulis puisi ini
supaya cepat selesai dan mengerjakan yang lain
kenapa 3 bait
panjang sekali puisi ini
membuat jari-jariku capek
akhirnya puisi ini selesai!
mekso asli bikin nih puisi. dikasih tulisan sama Mba Tia: "lucu dek :) semangat.."
kemudian langsung ngebut bikin profil BSO: Fiagra (Film Anak Grafika), OASE (perkumpulan mahasiswa teknik UGM yang memiliki kepedulian terhadap OR dan musik), SATU BUMI (Solidaritas teknik untuk bumi, para anggotanya berkeliling Indonesia), MIT (salah satu departemen di BEM UGM, fungsinya untuk menyebarkan info), Keluarga Muslim Teknik, EEC (pusat kegiatan kewirausahaan berbasis teknologi), dan Advopro (mengurus masalah edukasi Indonesia. Jika ada mahasiswa yang merasa diperlakukan tidak adil,Advopro akan membantu)
sarapan hari ini tambah konyol lagi. aku beli sejenis pop mie gitu lah, tapi yang goreng. aku seduh, aku masukin tempat makan, dan itu sarapanku di kampus! (fyi, aku ga bisa masak makanya cari yang praktis)
hari ini lomba karya aplikatif, ke-bangsa-an, lomba APSI (Apresiasi Seni)-->kelompokku ngambil ceritanya Rengas Dengklok sampai Proklamasi, talkshow keilmuan, ibadah, motivation training akbar, dan inagurasi.
agenda rutin 1 angkatan: dimarahin komdis, push up 15x
langsung penutupan dan pastinya happy ending laaaa. ada beberapa peserta terbaik yang disuruh maju. yang aku tau sih Andrie (Tekkim 11) sama Bestari (Tekkim 11). mereka disiram air mineral botolan. setelah itu, pada dengerin pentas apa gitu, aku di belakang jadi nggak keliatan, yang baris di depan pada nari-nari -,-
tanggal 19 September 2011, satu praja disuruh foto bersama dan buat ambil sertifikat ospeknya, harus kumpul Praja dulu 4x.
tas karung beras
air mineral beserta merknya, mahkota, & name tag yang super besaaar
sebelum berangkat sempet foto-foto :) (foto ini bakal nampang di tugas ospek polimer yang suruh buat buku kenalan sama cocard )

Tekkim yang Kristen :)
Praja Mangkunegaran, muka udah kucel habis ngerjain tugas tanggal 7 September 2011 tengah malem :)
Teknik? Jaya! Persada? Bangga! Hidup Mahasiswa Indonesia!
19 September 2011: Foto Praja
dibagiin tugas-tugas yang dulu pernah dikumpulin. nyadar betul tulisan di hari pertama ke terakhir lama-lama makin nyeker. hahaha~ ada life mapku juga~
kami waktu foto praja:
25 September 2011: kumpul Praja ke-1
nggak ikut niiii. waktu itu aku, Evan, Sergio, Afri retreat :(
tau foto yang dari atas mbentuk apa? itu mbentuk huruf 'MN' yang artinya Mangkunegaran :)














Tidak ada komentar:
Posting Komentar