Parts

ಸ್ವಾಗತ

ಸ್ವಾಗತ. It was not always easy to hush up a problem. When I was in a bind & when I suddenly got such a hard feeling,nobody knew and cared. I understood that even my closest friend can't make head or tail of my whole life stories. in view of this objections, I made this blog. I told my troubles here with an open heart. I made a point of typing some pieces of my stories. Off and on I'll share here. Welcome to my blog. I snapped up critics :)

Ospek Polimer 2011

13 September 2011 (H-2)
pra-ospek Polimer jam empat sore sampai jam setengah enam sore
dijelasin apa aja yang harus dibawa dan pembagian kelompoknya.
dilanjutin kumpul ke kelompok masing-masing jam enam sore sampai jam sembilan malem.
kelompokku, kelompok 13, namanya Thiokol (belakangnya kol-sejenis alkohol gitu ketoke, tapi ya mboh ding. Thiokol itu polimer (ya iyalah, judul ospeknya aja polimer)
kelompokku ada Hendra (ketua), Febri, Rendy Bayu, Rendy, David, Tika, Pepy, Paras, Putri, dengan kakak pemandu Mba Dhila (KOMTI tahun lalu, nanti nanti dijelasin KOMTI itu apa) & Mas Ayub.
aku ijin duluan gara-gara pulangnya cuma berdua (sama Ivannie).

tugas-tugas selama ospek (ada yang dikasih tau waktu pra-ospek, ada yang dikasih tau H-1 sebelum tugas dikumpul, ada yang dikasih waktu 6 hari sebelumnya):

Tugas angkatan: bikin visi, misi, lambang angkatan yang berisi 15 lambang kelompok dikasih di A2 (mading) dan presentasi, bikin buku angkatan (isinya biodata angkatan 2011, minimal cari biodata 25 orang PER HARI (jadi hari berikutnya dimulai dari 0 lagi, ngga berlaku sistem nabung; bentuk buku setengah lingkaran ukuran sesuai clue. Clue yang harus dipecahin ada 5, salah satunya buat ukuran lobang di buku angkatan harus ngerjain ini= ln (19,4123-17191TK)=20,1397-(8123:TK). TK x 125 : 8718 x cos (69,744) : TK exp (Na x 3,15321): 10^23 : 10^10 x TK:2 x 10 :2,5 : 2 x (-3,21175): akar pangkat 3 dari (11758:2000) - 0,373565. berapa TK? jawabannya 5. Akhirnya dikasih tau kakak angkatan karena ngga ada yang bisa nylesaiin. bukunya itu dibuat seukuran A4 dibagi 4, nah di covernya disuruh mbolongi bentuk buah sesuka kelompoknya dan tidak boleh sama dengan kelompok lain (kelompokku pakai salak) trus dikasih foto 2R di dalamnya.

tiap hari suruh buat resume materi (lagi) minimal 411 kata per hari. TT

bikin name tag terdiri dari 2 halaman depan belakang. ukurannya juga dari clue, bagian depan suruh buat bentuk alat yang berhubungan dengan tekkim maksimal 1 bidang simetri (punyaku bikin kacamata lab), bagian blakang di buat pigura dengan bagian tengah bisa ditarik (kayak papan tulis gitu lah jadinya, tapi kertasnya bisa dikeluarin dari samping)

1 angkatan diminta membawa 7 kardus, sedotan pop ice 2 bungkus, 4 bungkus sedotan kecil, karton yang paling tipis 15 lembar, botol aqua 1,5L 7 buah, Koran bekas 10 eksemplar (buat big games tanggal 18)

Penutupan: Apresiasi seni 1 angkatan minimal 20 menit, maksimal 30 menit

Tugas yang diperjelas sesuai harinya:

Kamis (15/09/11): mengenal kakak angkatan. dibuat di kertas A5 dengan format: nama, TTL, alamat di Jogja, no.HP, pesan buat adik angkatan, TTD dengan ketentuan angkatan 2010: 30 orang (15 panitia, 15 non panitia), angkatan 2009: 15 orang, angkatan 2008: 8 orang, angkatan 2007++: 4 orang, membuat esai : mengenal tekkim, alasan masuk tekkim, gambaran ke depan di tekkim pake b.inggris minimal 2 hlm dihias pake margin

Jumat (16/09/11): mencari biodata karyawan Tekkim UGM ditulis di A5 dengan format: nama, TTL, alamat, jabatan, masa kerja, harapan, TTD minimal 7 orang; mewawancarai salah satu dari 8PH, Sekjend PPM, 4 Ketua BSO, Ketua Polimer 2011, Ketua KMTK 2010, membuat min.10 pertanyaan bebas sesuai bidang target dan setiap kelompok wajib dapat foto, ditulis dalam bentuk esai dari barang bekas (satu angkatan udah bagi-bagi tugas dan Thiokol dapet tugas wawancara Al Mustaqim), bikin esai tentang Energy Issue

Sabtu (17/09/11): mencari data alumni Tekkim UGM (5 orang) dengan format: nama, TTL, perusahaan, jabatan, angkatan, no.HP/telepon dengan ketentuan anggota satu kelompok tidak boleh ada yang sama; mencari biodata 5 PPJ dan 10 dosen, ditulis di A5 dengan format nama, jabatan, ruangan, lab tempat bertugas, PPJ dibuat bagan (bagan beda kertas); persiapan big games (membuat alat tentang pabrik kimia. Thiokol dapet bagian Evaporator), membuat esai tentang 'Engineer Muda Penerus Bangsa', membawa air mineral dan makanan yang ditentukan: nasi, tempe, ayam, oseng-oseng kacang panjang (dibawain Hendra)

Minggu (18/09/11): membuat PKMGT (program kreativitas mahasiswa) minimal 6 lembar dengan cover, pendahuluan (latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, keluaran yang diharapkan, tinjauan), isi (gambaran ide, metode pelaksanaan), penutup (daftar pustaka) diketik di kertas A4 TNR 12, spasi 1,5 cm margin kanan 2cm, kiri atas dan bawah 2,54cm, membawa air mineral dan makanan yang ditentukan: nasi, telur ceplok, bakwan jagung, oseng-oseng kangkung, nutrisari jeruk (dibawain Hendra sama Pepy), membuat esai dengan studi kasus yang sudah ditentukan (nanti dibahas)

Sabtu (24/09/11): membuat surat untuk 3 panitia dan 2 pemandu di kertas A5, membuat denah Tekkim masing-masing lantai 1 lembar A4 (padahal ada 2 gedung. gedung utara&selatan ditotal ada 5 lantai, jadi 5 lembar), beli kado minimal 10k buat tukar kado, beli kado untuk pemandu (1 kelompok: 2) minimal 20k, bikin evaporator 4x lebih besar, survey toko kimia yang ada di Jogja disertakan foto 3R satu kelompok komplit di depan toko dan tanda tangan orang yang diwawancarai (ada nama toko, nama pemilik, alat-alat yang dijual)

14 September 2011 (H-1)
tau-tau waktu kumpul habis kuliah (jam 8) udah pada punya bahan-bahannya dan udah dicetak. ternyata teman-teman kemarin pada nggarap di masjid sampai jam 11 malem (jadi merasa bersalah ni pulang duluan). akhirnya nylesaiin semua tugas yang ada. asli ya, aku suka banget sama kelompokku, kerjanya cepet pol. baru jam 11 udah selesai semua yang buat hari pertama ospek. cool! alasan nomer satu: ketuanya Hendra!

cocard & papan (digabungin pake tali merah putih & makenya di depan sama di belakang)










buku angkatan nihhh. warna angkatan yang biru, warna kelompok oranye.




habis selesai ini itu, langsung cari-cari biodata kakak angkatan. paling susah nyari yang 2010 non panitia. astagaaaa. akhirnya hari ini banyak orang (hampir semua malah) belum komplit yang angkatan 2010 non panitia, kakak panitia bilang besok pagi angkatan 2010 non panitia ada kuliah, jadi bisa minta besok.
hari ini sekalian wawancara salah satu anggota Al Mustaqim (padahal itu tugas masih hari Jumat sebenernya, tapi lebih cepat lebih baik lah)


foto bareng di KPFT :))

15 September 2011 (H1)

pagi-pagi, kami yang belum dapet biodata angkatan 2010 non panitia langsung nyegat kakak-kakaknya setelah selesai kuliah. hari ini kelasku (kelas A) ada kuliah Kimia Organik I dan kelas B kosong. ospek dimulai jam 4 sore. yang ambil pancasila jam 4 (salah satunya aku) dibolehin ikut Pancasila dulu setelah sebelumnya sebenernya disuruh ijin Pancasila.
setelah kelas Pancasila selesai (jam 5 sore), kami yang ikut Pancasila langsung ganti rok panjang, lari-lari ke parkiran Teknik Kimia. disana kami sudah menemukan teman-teman kami sedang menunduk dan berbaris rapi (alamat lagi dimarahin). kami langsung membuat barisan baru kemudian disuruh masuk ke kelompok masing-masing. kakak-kakak SKK (yang kayak komdis) meminta kami mengakui semua kesalahan kami dan menyebutkan nama-nama yang melakukan kesalahan (jadi ada beberapa orang yang nyatet pelanggaran-pelanggaran kami). nama-nama yang tadi disebutkan maju dan disuruh push up 10x (langsung bicara dalem ati: "...kayak persada..."
setelah itu, semua mahasiswa disuruh push up 10x, dengan harapan, besok mahasiswa angkatan 2011 nggak melakukan kesalahan lagi.

sekitar jam 6 sore, angkatan 2011 berkumpul sesuai kelompok di KPFT, ada sesi kepemanduan. kepemanduan kali ini menceritakan kalo mahasiswa angkatan 2011 seharusnya mengakrabkan diri sama lingkungan tekkim. Kak Ayub juga bilang kalo di tekkim nggak ada senioritas. di tekkim ada Komti. Komti itu wadah yang mewadahi satu angkatan untuk berhubungan dengan angkatan lain. biasanya satu angkatan memiliki 3 Komti (2 laki-laki, 1 perempuan). ketika ada event-event olahraga, delegasi dipilih dengan bantuan Komti. Komti dipilih dan dinilai dari panitia selama Polimer berlangsung. Komti yang dipilih diharapkan memiliki sifat terbuka, luwes, dan care sama angkatannya.

setelah kepemanduan, kami nyari biodata angkatan 2011 25 orang lagi (inget, mulai dari 0 lagi) & kami pulang buat ngerjain tugas-tugas yang menantiiiiii

16 September 2011 (H2)
kuliah dulu Kimia Umum 3 jam plus success skill 1 jam. baru jam 1 siang, kami kumpul buat perkenalan sama laboratorium di tekkim. ada 5 kloter. 1 kloter terdiri dari 3 kelompok.
pertama kami pergi ke Lab Dasar-Dasar Proses. disana ada banyak macem alat-alat laboratorium kayak temperature measurement (praktikum analisis bahan), pyrometer, spectrophotometry (mengukur indeks bias), thermokopel (mengukur suhu tinggi), water bath (mengukur suhu dengan air), oven (mengurangi kadar air), vakum (memvakum larutan yang butuh dikeringkan), modulus patah, kuat desak (menguji kekuatan beton), eksikator (menyerap panas), dll.
tempat kedua, di Lab Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis (S-116) yang terdiri dari lab praktikum dan lab penelitian yang fokus ke penelitian yang berhubungan dengan reaksi kimia.ada barang-barang berbahaya seperti asam sulfat pekat, HCl pekat (bahan-bahan korosif), alat penyuling air, lemari asam, oven, pengaduk magnetik (mengaduk pasir), pengaduk merkuri, pendingin balik, pemanas mantel (untuk mengkondisikan suhu operasi di dalamnya), dan tubular flow reactor.
Lab ketiga yaitu Lab Teknologi Polimer. lab ini digunakan khusus untuk penelitian dan yang dipelajari adalah Polimer (PVC, gabus, dll). ada penelitian pirolisis (kebalikan dari polimer) yang menggunakan reaktor. diutamakan reaksi, bukan produknya. alat-alat disana yaitu vapour pressure (menghitung berat molekul), viscosity meter (kekentalan), pendingin, distilasi kontinyu (pembuatan alphapenine dari terpentine)
tempat terakhir yang kami kunjungi adalah Ruang Studio (U-225) dimana disana dilakukan perancangan pabrik kimia. beberapa langkah dalam perancangan pabrik: memperhatikan spek bahan sebelum terjun ke 'real world'. problem->trouble->shooting->simulation->application->pabrik menghasilkan keuntungan/kerugian.
setelah selesai, kami berkumpul lagi di U-301 dan istirahat dengan ibadah sesuai agama masing-masing. kemudian kami mendengarkan penjelasan bidang-bidang dalam KMTK.
Bidang I: Pendidikan dan Pengembangan Wawasan. Departemen pendidikan mengadakan tutorial, lomba debat, workshop TOEFL, dll
Bidang II: Olahraga dan Seni. memiliki departemen olahraga dan departemen seni. memiliki subdepartemen Maximania di bawah bidang olahraga yang digunakan untuk memberi support kepada jurusan Teknik Kimia. departemen seni memiliki vocal group, band, mading,dan fotografi
Bidang III: Kaderisasi dan Penelitian Pengembangan Organisasi. kaderisasi mengurus Polimer, sekolah kaderisasi, ATK, termodinamika, Pemilu 2012, dan musyawarah mahasiswa. penelitian pengembangan mengurus progress report, polling opini, dan rapor merah
Bidang IV: Kesejahteraan Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat. terdiri dari departemen kesejahteraan mahasiswa dan departemen pengabdian masyarakat. kesejahteraan mahasiswa menyediakan counter pepsi, copy center, kantin teknik kimia, kotak P3K, koran kompas, sabun tekkim, sedangkan departemen pengabdian masyarakat berkaitan dengan program desa mitra, donor darah, mini event sahur on the road, baksos, program anak asuh. kunjungan panti asuhan 3x selama kepengurusan. ada juga pundi amal yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan departemen pengabdian masyarakat
Bidang V: Humas dan Opini Publik. menjaga hubungan baik di luar dan dalam Tekkim, jurusan, dan alumni. menjelaskan Komti. departemen humas mengurus pengaturan publikasi, poling remediasi, kunjungan intern, wisuda dan pendataan alumni, BKKMTI (pendelegasian duta-duta dari tekkim UGM), kartu ucapan lebaran. bidang opini publik mengurus tentang call news, mading, dialog mahasiswa, dan polling
Departemen Kewirausahaan (DKW): badan yang langsung di bawah bendahara umum (menjual korsa, jaket, tahu bulat, dan jamur crispy). di DKW ada pemasaran, desain, dan produksi. disediakan pula pelatihan kewirausahaan dan desain.
dan dilanjutkan presentasi SPE (Society of Petroleum Engineers). SPE adalah suatu organisasi yang menangani/mempresentasikan petroleum sampai ke luar negeri.
setelah presentasi, dilanjutkan Evaluasi (seperti biasa, dimarahin dan disuruh push up) dan kepemanduan. dalam sesi kepemanduan, dijelasin gimana membaca diagram alir (diagram pengambilan sks tekkim) dan menemui dosen ketika KRS-an.
setelah pulang, ngerjain tugas sampe pusing baru bisa tidur.

17 September 2011 (H3)

kumpul jam 6 pagi dan langsung ada game. ada 4 pos di game dan masing-masing pos diisi tiap angkatan atas (pos 2010, pos 2009, pos 2008, pos 2007++)
game pertama yang kami ikuti, main ular-ularan (pos 2007). kelompok kami, Thiokol menang dari kelompok PVC tapi di game selanjutnya, pusing-pusing panjang pendek (pos 2008) kami kalah dari PVC. jadi disuruh muter-muter sampai pusing trus begitu ada instruksi "bikin panjang!" kita semua pada bikin barisan sepanjang-panjangnya.
selanjutnya, pos 2009 tentang debat pantun. sebenernya kelompok kami menang tapi yang dianggep menang malah kelompok satunya.zz. pos terakhir, pos 2010 kami disuruh berdiri di atas koran sambil mbaca isinya terus ditanyain seputar isi koran itu & lagi-lagi kami kalah :( jadi kelompok kami cuma dapet 1 bintang.tapi ada beberapa kelompok yang bahkan ngga dapet bintang.
jam 10 kami ke U-301 untuk mendengarkan seminar Gama Earth. Gama Earth adalah komunitas yang sekarang ini masih ada di tekkim dan konsentrasi di bidang sustainable development.

dilanjutkan perkenalan BSO yang ada di tekkim. yang pertama yaitu Mapateka (mahasiswa pecinta alam teknik kimia). kegiatan di mapateka yaitu diklat, beach camp, rafting, pendakian, touring, caving, perpustakaan mini, mading, dan hamster (melihara hamster maksudnya -___-). ada game menirukan gerakan Kak Oki, yang menang mendapat....sticker mapateka dan mie (?)
BSO kedua yaitu KSTM (Kelompok Studi Teknologi Mahasiswa UGM). di KSTM kita mempraktikkan apa yang kita pelajari di kelas. kegiatan KSTM: membuat mading, kunjungan industri, pengelolaan blog KSTM, diskusi intern, walking around (kunjungan intern KSTM), chemical engineering science competition, open recruitment, open house, pergantian pengurus/suksesi, metana KSTM (alumni yang sharing ke Tekkim UGM) kemudian dilanjutkan game (lagi)
kemudian ibadah dan makan bersama. makanan satu kelompok dijadikan 1 di atas daun pisang kemudian kami makan bersama dengan lauk yang sudah ditentukan disuruh bawa (nasi, tempe, ayam goreng, oseng kacang panjang, air mineral). setelah makan, kami berkumpul di RKU (U-301) untuk mendapat materi BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa). ini membuat kami sadar bahwa kami masuk Teknik Kimia dengan mengorbankan cita-cita teman kami yang lain, kemudian game (lagiii). BPM dibentuk dengan latar belakang keb.dari suatu organisasi. BPM terdiri dari Komisi A, B, dan C.
Selanjutnya, sesi Al Mustaqim namun karena aku nonmuslim, jadi ke U-303 untuk memuji nama Tuhan, kenalan, melihat video Natal tahun lalu.

Jam 15.30 kami kumpul untuk menyimak Entropi. Entropi memiliki basecamp yang bernama bengkel Entro. Produk Entropi adalah majalah Entropi (berisi materi seputar dunia tekkim namun di dalamnya terdapat pula rubrik-rubrik yang umum lainnya)&buletin Entalpi.
dilanjutkan lagi dengan game mengisi kotak dialog yang udah dibagiin panitia.

Setelahnya, evaluasi yang pastiii. aku ngga ikut push up hari ini karena pake pita pink (pita pink berarti penyakit ringan. aku ada maag ringan, sebenernya aku nggakpapa ikut push up tapi kata kakak pemanduku jangan, ya sudahlah~)
dilanjutin sesi kepemanduan dan ada tugas-tugas siap menanti. seperti biasa, kami cari biodata angkatan 2011 sebanyak 25 orang dulu, baru kami pulang.

18 September 2011 (H4)
kumpul jam 05.45 dan ngumpulin tugas. dilanjutin dengan polling panitia terfavorit, terramah, tersadis, terkuat, dan terkalem. olah raga di pagi hari niii. senam, lari keliling KPFT bagian luar sambil nyanyi-nyanyi lagunya Maximania (lagu supporter tekkim).
setelah itu kami outbond. ada 7 pos namun tiap kelompok hanya bisa mengambil 6 pos. ada undian poin yang kalah dan yang menang. yang kalah akan mengambil undian mendapat 0 atau -10 atau -15. yang menang mendapat 0 atau +10 atau +15
pos pertama: pos DKW. Game itu menuntut kami menghitung uang koin yang kami tumpuk setinggi mungkin (jadi awalnya pada terkecoh tuntutannya tinggi-tinggian koin). kami kalah nebak jumlah koinnya :( kami mendapat poin -10
pos kedua: pos bidang V yaitu memindahkan botol menggunakan kaki ke belakang. kami menang dan mendapat poin +10
pos ketiga: pos bidang IV yaitu orang buta jalan dari ujung sampai ke ujung satunya dan menyanyi balonku dalam hati. saat kata "dor" harus teriak bersama. kami menang dan mendapat poin +10. disini kami diajarkan untuk percaya pada orang lain dan memiliki 1 visi dan misi
pos keempat: pos bidang III yaitu memindahkan plastik dengan sedotan. kami menang dan mendapat poin +15
pos kelima: pos bidang II yaitu menebak gambar dan memindahkan bola voli dari perut ke dahi antara 2 orang. kami menang (lagi) +15
pos keenam: pos bidang I yaitu baris sambil tutup mata supaya sampai tujuan asli apes banget disini. kami nggak ada lawannya, tapi undian skornya jadi diacak, bisa dapet +, bisa dapet - dan betapa sialnya kami dapet -15 =="
akhirnya skor kumulatif kami menjadi +25. ada banyak kelompok yang minus -__-

dilanjutin kerja kelompok bikin pabrik gula,setiap kelompok membangun bagian per bagian yang berbeda. kelompok Thiokol diminta untuk membentuk evaporator. dalam regu, ada bendahara umum, bendahara depan, arsitek, humas, manajer, dan pekerja lapangan dengan aturan berbeda-beda.
selesai bikin pabrik, kami istirahat dan ibadah. kemudian makan bersama di parkiran Tekkim dengan lauk yang ditentukan. kami melanjutkan sesi bincang-bincang di RKU dengan alumni.
setelah itu, presentasi visi misi angkatan dan lambang angkatan tanpa powerpoint. dimarahi habis-habisan sama kakak angkatan dan kakak angkatan kecewa kami nggak solid. ada yang dimarahin, yang lain nggak ngebela, dsb. yang jelas semua kecewa, termasuk kakak-kakak pemandu
evaluasipun, yang dituding semua ketua. padahal ketua tiap kelompok kerjanya paling berat :(
hari ini yang push up ngga semuanya. evaluasi ketua kelompok sendiri,dan anggota ditempatin di deket KPFT buat dinasehati para kakak pemandu. kakak-kakak pemandu uda nggak mau ngasi kepemanduan. kalo kitanya butuh, kita harus dateng sendiri, minta sama mereka.
Thiokol langsung ndatengin Kak Dhila dan Kak Ayub kemudian kepemanduan saat itu juga! (bravooooo). dikasih tugas banyakkkk buat minggu depan, udah nggak perlu minta biodata angkatan sama buat resume lagi :)

19 September 2011 - 23 September 2011: persiapan hari terakhir ospek!
banyak yang dilakuin. wawancara, mbuat surat buat pemandu & panitia, bikin denah, bikin pabrik gula yang 4x lebih besar, bikin presentasi visi, misi, lambang angkatan, bikin mading, dll

foto sama Ivannie di WC Tekkim yang baru, wangi, bagus, top




ini foto tugas wawancara salah satu toko kimia :)
















foto-foto di tugu teknik buat kado Kak Dhila & Kak Ayub

bikin mading ni. 5 gambar di mading itu aku yang nggambar :p












ini penanggung jawab madingnya, Nadia


24 September 2011 (H5)
tugas denah 5 lantai:








kado yang harusnya buat tuker kado tapi ternyata aku (yang retreat) nggak perlu tuker kado:



ini binder, saudara-saudara~



kado buat pemandu:

desain lambang yang udah jadi, punya Tekkim angkatan 2011:









aku nggak ikut soalnya ijin ikut Retreat Umum Teknik dari tanggal 23 sampai 25. padahal acara penutupan ni, dan seharusnya menjadi momen terseru! ada Apresiasi Seni tekkim angkatan 2011 segala (ada drama, balas pantun, nyanyi, boyband, nari, iklan, dll). Penanggung Jawabnya si Daniel, jadi pastinya kerennnn.
tugas yang harus dikumpul hari itu pastinya udah aku titipin ke Hendra, aku nggak maulah lari dari tugas.
acaranya dari jam enam pagi sampai jam empat sore, terus suruh pulang dulu, baru jam tujuh sampai sepuluh malem ada penutupan. katanya si APSI (apresiasi seni)nya bagus polllll (angkatan kami APSI pertama, angkatan sebelum-sebelumnya nggak ada APSI), terus katanya suara Kak Komang sama Kak Aldin bagusssss banget, SKKnya senyum. waaaaa. jadi pengen ikutttt :( terus kan presentasi visi misi lambang angkatan diulang. sekarang pake powerpoint dan dikasih film segala macem sampai dicap jadi presentasi paling bagus. jadi angkatan kami pegang dua gelar: presentasi paling jelek sekaligus presentasi paling bagus! agak nyesel juga si nggak ikut. tapi ngga berlarut-larut lah nyeselnya :)
nggak rugi ikut Polimer. banyak yang bisa didapet. kenal juga sama beberapa kakak angkatan, kenal sama temen-temen (walau masih lupa nama-namanya), diajarin rajin nulis biar terbiasa buat laporan, dan masih banyak lagi.

Teknik Kimia? Nomer satu!!

27 September 2011: kumpul-kumpul Thiokol
uyeee.kumpul sama Thiokol. makan lumpia yang besaaar di Lumpia Boom. kumpul komplit ni :) dibagiin tugas-tugas yang pernah dikumpulin, sama dikembaliin buku biodata angkatannya. asikkkk. sekalian sekelibat pengen nraktir temen-temen karena aku ultah, jadi tanpa pikir panjang langsung nraktir :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar