Parts

ಸ್ವಾಗತ

ಸ್ವಾಗತ. It was not always easy to hush up a problem. When I was in a bind & when I suddenly got such a hard feeling,nobody knew and cared. I understood that even my closest friend can't make head or tail of my whole life stories. in view of this objections, I made this blog. I told my troubles here with an open heart. I made a point of typing some pieces of my stories. Off and on I'll share here. Welcome to my blog. I snapped up critics :)

my one and only one little sister

udah lama nggak nulis di blog :)

postingan kali ini ku dedikasiin buat Vonny Candra Gunawan yang biasa kupanggil dengan panggilan kesayangan 'poniyem' ato 'bayek tupai'. 

beberapa orang yang udah kenal aku dari SMP, ngerti sengerti-ngertinya kalo hubunganku dan poniyem tidak berjalan seperti hubungan saudara pada umumnya. dulu, amit-amit mengakui dia 'adik'ku, ngobrol aja 'kalo nggak butuh nggak ngobrol' dan seringnya nggak butuh!

padahal jaman SD, aku sama poniyem bak muka sama pantat (aku mukanya, dia pantatnya), kami terletak dalam satu kesatuan (kesatuan perang nglawan cicik-cicik ganas (tingkatnya lebih ganas dari aku & poniyem)), tidur bareng, ngompol pun gantian dalam satu kasur yang sama sampe kelampau pesing itu kasur, foto box selalu berdua, sering sharing komik, mbikin cokelat bareng, diem-diem ngambil karak diolesi sambel banyak nggak bilang-bilang mama. dulu dia nggemesin, bahkan kadang aku iri gara-gara pas TK menitiku dapet C, si poniyem dapet A mulu.

mulai SMP sampe SMA, kami pisah ranjang. bak suami istri: kalo pisah ranjang,segalanya merenggang
aku lupa kenapa, kami sering musuhan, berantem gara-gara hal kecil, dikit-dikit sensian
temen-temen SMP banyak bilang kami mirip, dan setiap temen-temen bilang kami mirip, aku bakal bales "gundulmu, rasah modo-modoke!" viceversa kalo dia dibilang gitu sama temen-temene. saat itu, sama sekali nggak ada sisi nggemesin dari poniyem. yang ada dipikiranku cuma pengen nginjek-nginjek si poniyem kayak nginjek-nginjek semut dan begitu pula si poniyem memasukkan aku ke dalam BUKU ORANG YANG PENGEN TAK BUNUH di nomer 1 (aku pernah nylinep ke kamare buat curi-curi liat komik terbarune, nggak sengaja nemu ni buku)

nilai-nilai poniyem menurun, nilai-nilaiku meningkat, akhirnya pun berakhir bahagia di aku. aku nggak ngerti ngapa jadi deket sama cicik-cicik (mungkin gara-gara aku tambah dewasa & tinggiku jadi sama kayak cicik-cicik).aku meninggalkannya.

aku pernah jambak-jambakan sama poniyem. kalo adu mulut udah sering, malah tiap omongan berakhir dengan adu mulut "Dasar pek*k, blablabla, ma*io wae gukgukguk" dan dilanjutin laporane ke mama, trus dua-duane dimarahi (itu sisi tololnya, ngapain dia nglapor kalo akhire dua-duane yang dimarahin!), kalo laporan berlanjut ke papa, udah aku fix menang.

pernah kami musuhan, jaman dulu dee seneng banget update status FB isine maki-maki orang, termasuk aku mentang-mentang aku wes di block. aku yang cerdik, pinjem akun e temenku sing jadi friend'e, tak buka, tunjuke ke mampap, skakmat :)

kadang aku ngrasa kenapa harus nggak akur kayak gitu. tapi rasa itu langsung ilang gara-gara temenku (Mell-mell) ada yang juga nggak seneng adek'e, podo padu terus. akhire aku menjalani kehidupanku seolah aku anak bungsu. setiap ada yang tanya aku berapa bersaudara, aku selalu bilang "anak mamaku empat! aku + 3 cicikku."

aku musuhan hampir 2 taun sama poniyem (ato lebih dari 2 taun, lupa). tinggal seatap & nggak omongan sama sekali. ngliat aja rasane kayak sesuatu yang haram.
setiap aku butuh sesuatu yang ada di poniyem, aku bilang ke mama "ma, bilangin tu aku mau pake blablabla", mama bilang "kenapa nggak bilang sendiri?", aku bilang "pokoke bilangke." berlaku pula sebaliknya.

aku sempet akur waktu ke Malang. kami sama-sama membutuhkan satu sama lain buat saling moto'in gara-gara kalo mama yang moto pasti blur. udah itu doang. habis selesai liburan ya berantem lagi.

memasuki masa kuliah, aku terpisah +/- 60 km dari keluargaku. nggak ada yang bisa diajak berantem adalah penyesuaian diri pertama yang harus tak lewati. aku mulai melunak (koyo bandeng)
waktu sincia (semester 2 awal), aku sempet akur sama poniyem. she ever cried on my shoulder habis telpon nggak digagas sama, sebut saja namanya, Ivan gara-gara si Ivan lagi seneng-seneng sama keluargane nonton ceribel......... habis sincia ya musuhan lagi.
waktu dolan ke Jogja, poniyem berantem sama cicik-cicik (padahal waktu itu yang di mobil cuma aku, mama, sopir, cicik-cicik), trus aku ngajak ngobrol poniyem, gaya (sok) ngadem-ngademke atine
kadang aku seneng isa punya hubungan cicik-adek yang harmonis. paradigmaku yang bilang "kalo nggak butuh nggak ngobrol" lama-lama mulai surut (tapi masih tetep sempet kepikiran juga sih)
waktu poniyem berantem sama mama di bbm, aku mbela mama tapi nggak secara langsung update personal message, bilang "hormatilah orangtuamu blablabla" trus yang terjadi....... kontakku di delete. siyal.

sampe di Solo, aku baikane dengan cara aku pinjem charger bbne (aku pas pulang itu emang ngga bawa charger). dee sok bilang "eh kontakmu kok tau-tau ilang ya?", dengan tanpa basa basi, aku jawab "mbok delete ek,mangsamu aku ra mudeng" poniyem cuma cengar-cengir, ngeadd kontakku lagi.

belum lama ini, dee anyel sama seseorang, update personal message bbm, tak tanyai kenapa blablabla, trus dee cerita dengan semangat 45 ngonek-ngoneke orange pas bbm'an mbek aku, koyo aku sing dioneke. belajar dari pengalaman, aku nggak nasehati dee. setelah tak pikir-pikir pun aku pernah dinasehati cicik & kontak'e cicikku tak delete O:) aku nggak seneng dinasehati, begitu pula poniyem. aku butuh lelucon, bukan nasehat, begitu pula poniyem. tak suruh "kita harus jadi orang baik jangan ikut yang jelek blablabla < tapi ini agak munafik sih" yang dia tangkep "berarti kita harus munafik". OKE, kalo nggak bloon kau bukan adekku.

aku cukup nyaman sama keadaan kami sekarang
walau mungkin jadi jarang ada perang menegangkan di antara kami, paling cuma jadi perang abal-abal
aku mulai menghapus sedikit-sedikit "kalo nggak butuh nggak ngobrol"
sebab mengasihimu tak membutuhkan alasan, adikku

you are my one and only one little sister, poniyem. I love you so much more than yesterday.

sincerely
your older sister,

cc peyok

1 komentar: